Tentang Kami

all about us

About Us

In 2010, Indonesia has more than 1700 diocesan priests including 15 bishops who are originally a diocesan priest.

Susunan Pengurus 2017-2020

Musyawarah Nasional (Munas) ke-12 Unio Indonesia, paguyuban imam-imam diosesan atau projo (Pr), yang dilakukan di Palembang memilih Pastor RD. Paolus Christian Siswantoko sebagai ketua Unio Indonesia periode 2017-2020, menggantikan Pastor RD. Siprianus Hormat dari Keuskupan Ruteng.

Uskup Emeritus Keuskupan Ketapang Mgr Blasius Pujaraharja melantik Pastor Siswantoko bersama badan pengurusnya dalam Misa di Paroki St. Yoseph Palembang tanggal 6 Mei 2017. Presiden Internasional dari Apostolic Union of the Clergy (UAC) Mgr Giuseppe Magrin dari Roma, 100-150 Imam, umat keuskupan, serta para frater dan suster dari Keuskupan Agung Palembang, serta berbagai undangan memenuhi gereja itu. Pemilihan pengurus itu sudah dilakukan tanggal 5 Mei 2017.

Susunan Pengurus 2014-2017

Musyawarah Nasional (Munas) ke-11 Unio Indonesia, paguyuban imam-imam diosesan atau projo (Pr), yang dilakukan di Ambon memilih Pastor Siprianus Hormat Pr sebagai ketua Unio Indonesia periode 2014-2017, menggantikan Pastor Dominikus Gusti Bagus Kusumawanta Pr dari Keuskupan Denpasar.

Uskup Amboina Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC melantik Pastor Siprianus bersama badan pengurusnya dalam Misa di Katedral Ambon tanggal 7 Oktober 2014. Presiden Internasional dari Apostolic Union of the Clergy (UAC) Mgr Giuseppe Magrin dari Roma, dua imam diosesan dari Timor Leste, umat keuskupan, serta para imam dan suster dari Keuskupan Amboina, serta berbagai undangan memenuhi gereja itu. Pemilihan pengurus itu sudah dilakukan tanggal 2 Oktober 2014.

Pastor Siprianus adalah imam diosesan dari Keuskupan Ruteng yang kini bekerja sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Seminari dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Susunan Pengurus 2011-2014

Setelah melalui beberapa putaran pemilihan, terpilih sebagai Ketua UNIO Periode 2011-2014, Pastor Dominikus Bagus Kusumawanta Pr dari Keuskupan Denpasar. Ia menggantikan Pastor Stanislaus Ferry Sutrisna Wijaya Pr dari Keuskupan Bandung yang telah tiga periode menjadi Ketua UNIO Indonesia. Pastor Wanta didampingi Wakil Ketua, Pastor Thomas Terry Ponomban Pr dari Keuskupan Manado.

Wadah persaudaraan

UNIO Indonesia dirintis dengan terbentuknya UNIO Keuskupan Agung Semarang (KAS) pada 15 Juli 1955. Pada 28-29 Juni 1977 UNIO KAS mengadakan pertemuan yang dihadiri wakil imam Diosesan dari Keuskupan Bogor, Bandung, Purwokerto, Denpasar, Manado, Atambua, dan Merauke. Pertemuan ini mencetuskan gagasan untuk membentuk UNIO Indonesia. Baru pada Musyawarah Nasional I yang diadakan di Jakarta pada 14-17 Juni 1983 dan dihadiri wakil imam Diosesan dari 19 keuskupan, UNIO Indonesia secara resmi terbentuk.

Susunan Pengurus 2008-2011

Pelindung : Mgr. Blasius Pujaraharja, Mgr. J.M. Pujasumarta
Penasehat : Mgr. John Liku-Ada’, Mgr. Hilarion Datus Lega, Mgr. Agustinus Agus
Ketua I : P. St. Ferry Sutrisna Wijaya
Ketua II : P. Edy Purwanto
Sekretaris I : P. D.G.B. Kusumawanta
Sekretaris II : P. Fabianus Muktiarso
Bendahara I : P. Lukas Paliling
Bendahara II : P. Vinsensius Dwi Sumarno
Tim Foundraising: P. Jacobus Tarigan, P. Paulus Tongli
Kepala RT Unio: P. Edy Purwanto
Sie Publikasi/Komunikasi: P. Alf Boedi Prasetijo
Sie On Going Formation: P. Dedy Pradipta, P. Terry Panomban, P. FX Sukendar WS, P. Marcel Bria
Animator Regio Papua: P. John Kandam
Animator Regio Ende: P. Manfred Habur
Animator Regio Kupang: P. Y. Tjung Phoa
Animator Regio Sumatera: P. E. Belo Sede
Animator Regio Jawa: P. C.B. Mulyatno
Animator Regio Kalimantan Timur: P. Simon Edi Kabul
Animator Regio Kalimantan Barat: P. Piet Apot

Subscribe to RSS - Tentang Kami